PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KERETA API

Komponen-komponen dasar kereta api adalah rel sejajar yang rata (sepur) dan kereta/kendaraan yang dilengkapi dengan roda yang mempunyai sayap/pinggiran (flanged wheels). Dengan menyediakan sepur yang rata untuk roda yang berjalan diatasnya, gesekan menjadi jauh berkurang dibandingkan dengan roda yang berjalan diatas jalan yang kasar atau berlumpur.
Pada awalnya kereta ditarik dengan menggunakan tenaga manusia dan kuda, dan konsekwensinya dapat ditarik kereta yang berada diatas rel dengan beban yang jauh lebih berat dari pada beban yang dapat ditariknya diatas jalan yang kasar dan/atau berlumpur.
Ide awal kereta api pertama kali dicetuskan oleh seorang ilmuwan Inggris yang bernamaWilliam Murdoch. Idenya sangat sederhana, yaitu sebuah rangkaian kereta yang ditarik oleh kuda. Namun, karena pada waktu itu rangkaian kereta ini sangat dibutuhkan untuk membawa bahan-bahan tambang di daerah pertambangan, maka untuk efisiensi pengangkutan mereka membutuhkan rangkaian kereta yang banyak dengan sekali tarik. Untuk itu, kemudian dibuatlah beberapa rangkaian kereta yang ditarik dengan satu kuda. Agar beban berat dari beberapa rangkaian kereta tersebut terasa lebih ringan, kemudian rangkaian itu dijalankan pada jalur khusus yang terbuat dari besi. Jalur kereta ini kemudian dinamakan dengan trem.
Meski model kereta api pertama ini masih sangat sederhana dan masih mengandalkan tenaga kuda, namun prinsip dasar kereta api sebenarnya berawal dari sini. Sehingga, Murdocks kemudian dikenal dan disebut-sebut sebagai penemu kereta api.

Pencetus awal konsep transportasi masal ini memang ilmuwan Inggris yang bernama Murdoch. Namun, untuk bisa menjadi kereta api modern dengan konsep yang lebih sempurna, sejarah telah mencatat nama-nama ahli lain yang ikut melengkapi konsep awal tadi. Mereka terlibat dalam penemuan teknologi yang berperan penting dalam penyempurnaan alat transportasi ini.
Penemu yang Menyempurakan Kereta Api
Berikut adalah beberapa nama ahli yang jasanya pantas disandingkan dengan penemu kereta api pertama kali, yaitu:
•    Richard Trevithick. Ia tercatat sebagai ahli pertama yang membuat mesin lokomotif dan kemudian merangkainya dengan kereta pada tahun 1804.
•    George Stephenson, menciptakan lokomotif uap untuk menggerakkan kereta. Lokomotif uap terbukti menghasilkan daya yang lebih besar dan mampu menarik beban lebih banyak. George Stephenson juga berhasil menjalankan lokomotif uapnya diatas jalur rel yang lebih lebar. Stephenson juga dikenal sebagai pencetus standar ukuran rel kereta api yang masih dipakai hingga saat ini.
•    Franks J. Sprague membuat jalur kereta api listrik pertama di Richmond, Virginia sepanjang 19 km pada tahun 1888. Dan pada tahun 1895 ia kembali memperkenalkan lokomotif listrik yang menjadi cikal bakal lahirnya kereta api listrik.
•    Rudolf Diesel, ikut menyumbangkan idenya untuk perkembangan alat transportasi ini. Ia memperkenalkan kereta api bermesin diesel yang ternyata jauh lebih bertenaga dan efisien dibandingkan dengan kereta api lokomotif uap. Akhirnya pada tahun 1925, kereta api bermesin diesel ini digerakkan untuk pertama kalinya
Tidak ada orang yang mengetahui secara pasti kapan prinsip ini pertama ditemukan, tetapi ada petunjuk yang menyiratkan bahwa kereta api pertama kali dipergunakan pada tambang batu bara di Inggris pada abad ke 17.
Pada saat itu sepur dibuat dari kayu dan dibangun mulai dari tempat batu bara ditambangkan melalui terowongan sampai pada tempat penumpukan diluar pintu terowongan. Dengan demikian penambang akan dengan mudah menarik kereta kayu beroda kayu yang penuh berisi batu bara.
Pada waktu rel-rel kayu dan roda-roda kayu diganti dengan rel-rel besi dan roda-roda besi yang mengurangi gesekan, dengan demikian jumlah batu bara yang dapat ditarik semakin meningkat.
Perkembangan berikutnya adalah membangun sepur kereta api yang menghubungkan tambang batu bara ke tempat pengecoran besi atau perairan pedalaman yang paling dekan dengan pelabuhan laut.
Kemudian digunakan tenaga kuda untuk menarik gerbong. Walaupun lebih lambat namun berat batu bara yang dapat ditarik oleh tiap kuda ditas rel jauh lebih besar.
Pada tahap ini kereta pai belum dapat dikategorikan sebagai angkutan umum. Kereta api dibangun dan dimiliki hanya untuk menyediakan pelayanan khusus angkutan batu bara dari tempat penambangan sampai pada tempat pengecoran besi atau sampai pada pelabuhan/perairan pedalaman yang jaraknya relatif dekat.
Pada tahun 1825 perkembangan teknis mesin uap yang mulai dikembangkan pada akhir abad 18 dengan tujuan untuk menyediakan sumber tenaga bagi industri, telah mencapai titik dimana mesin uap dapat dimanfaatkan sebagai tenaga penggerak kereta api.
Penerapan pertama dilakukan pada kereta api yang dibangun dari Stockton ke Darlington yang menghubungkan tambang batu bara di Darlington ke pelabuhan laut Stockton yang menpunyai jarak 20 km. Hal tersebut merupakan suatu keberhasilan komersial yang segera dan dalam waktu yang sangat singkat telah menyebabkan dibangunnya ratusan perusahaan kereta api di seluruh dunia.
Walaupun pada mulanya kereta api dikembangkan untuk angkutan barang, perusahaan-perusahaan komersial segera menyadari bahwa terdapat pula permintaan yang besar untuk angkutan penumpang.
Sebelum kereta api dikembangkan menjadi angkutan penumpang, orang masih jarang melakukan perjalanan terutama untuk jarak jauh karena lambatnya waktu tempuh, mahal dan seringkali membahayakan. Namun pada tahun 1980-an perjalan dengan kecepatan 100 km/jam sudah memungkinkan untuk dilakukan dengan menggunakan angkutan kereta api.
Bahkan pada bulan April tahun 1999 sudah dilaksanakan test operasi kereta api dengan kecepatan 552 km/jam di Jepang, yaitu menggunakan teknologi kereta api yang diperkenalkan pertama kali oleh Germany Transrapid System yang disebut kereta api MAGLEV (magnetically levitated train).
Bentuk kereta api dari masa dahulu sampai sekarang

10 software buat teknik mesin
software yang dibutuhkan untuk anak teknik mesin baik desidn dan Perhitungan
1 .     Mechanical Desktop merupakan program CAD (Computer Aided Design) yang diperuntukkan bagi para Mechanical Engineer atau yang siapa saja yang berkecimpung dalam bidang teknik mesin. Mechanical Desktop sendiri merupakan salah satu tool yang sangat membantu dalam pembuatan desain suatu perangkat permesinan. Anda dapat merancang sebuah bangunan mulai dari Sketch, Part Modelling, Assembly Modelling dan gambar kerja sampai pencetakan hanya dalam waktu sekejap. Sangat mengagumkan, buktikan sendiri!
2.     ANSYS mechanical menawarkan produk solusi yang komprehensif untuk struktural linier / nonlinier dan analisis dinamika. Produk ini menawarkan satu set lengkap unsur-unsur perilaku, model material dan pemecah persamaan untuk berbagai permasalahan dan rekayasa. Selain itu, ANSYS mechanical menawarkan analisis termal dan kemampuan ditambah-fisika yang melibatkan akustik, piezoelektrik, termal analisis-struktural dan termal-listrik.
3.     Solidwork merupakan salah satu software engineering yang banyak digunakan untuk aplikasi pembuatan rancang desain dalam bentuk 3D. Solidwork ini merupakan pesaing Autodesk Inventor.
4.     ANSYS DesignModeler
Perangkat lunak ANSYS DesignModeler menyediakan fungsi yang unik untuk pemodelan simulasi yang mencakup penciptaan geometri rinci, modifikasi CAD geometri dan alat-alat model konsep penciptaan.
5.     ANSYS Profesional
Perangkat lunak ANSYS Profesional menawarkan langkah pertama ke dalam dinamika linier canggih dan kemampuan nonlinier. Mengandung kekuatan teknologi simulasi terkemuka dalam sebuah paket yang mudah digunakan, ANSYS Profesional alat menyediakan pengguna dengan kemampuan simulasi tingkat tinggi tanpa memerlukan keahlian tingkat tinggi. Paket ini tersedia lengkap dengan kontingen penuh elemen linier, nonlinier signifikan, kemampuan untuk memecahkan rakitan kompleks? termasuk shell-ke-padat? dan yang paling diminta set pemecah
6.     ANSYS DesignSpace
Perangkat lunak ANSYS DesignSpace adalah simulasi mudah menggunakan perangkat lunak paket yang menyediakan alat untuk konsep, desain dan memvalidasi ide pada desktop. Sebuah subset dari produk Profesional ANSYS, ANSYS DesignSpace memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melakukan di dunia nyata, optimasi berat statis struktural dan termal, dinamis,, modus getaran, dan simulasi faktor keamanan pada semua desain tanpa membutuhkan pengetahuan analisis lanjut.
7.     ANSYS Engineering Knowledge Manager (EKM) ANSYS EKM ialah menawarkansolusi organisasi yang fleksibel, terbuka manipulasi data dan pilihan bagi mereka yang tertarik dalam meningkatkan efisiensi proses pengembangan produk mereka.
8.     Mechanical Toolbox (US unit saja) Program ini berisi beberapa fungsi yang biasa digunakan oleh para insinyur teknik mesin . Fungsi ini termasuk database pipa, dimensi flens, tekanan / peringkat suhu, konversi kekerasan, dimensi kawat gage, kalkulator minimum dinding pipa, konversi unit, faktor intensitas tegangan (SIFs) dan kalkulator penurunan tekanan.
9.     Steam Turbine Program ini menghitung kinerja bagian turbin uap diberi temperatur uap masuk, tekanan, aliran dan tekanan keluar. Program ini juga dapat memperkirakan efisiensi teoritis bagian turbin. Tingkat uap teoritis, kelembaban keluar, dan enthaplies dari inlet dan outlet sungai dihitung. Tabel uap adalah built in
10.    Gas Dynamics Software teknik mesin telah mengembangkan sebuah Windows baru paket perangkat lunak berbasis, Gas Dinamika, yang cepat, mudah dan terpercaya spesies menghitung sifat termodinamika dan transportasi gas, cair dan padat, analisis siklus kekuasaan, komponen siklus daya / proses dan aliran kompresif.

Paket perangkat lunak ini harus membuktikan menjadi alat yang baik bagi mereka yang terlibat di berbagai tingkat dengan desain, pengelolaan dan pengoperasian sistem propulsi. Harus memberikan kesempatan pengguna untuk lebih cepat, mudah dan efektif melakukan / pekerjaannya, mencari lebih banyak pilihan, menghemat waktu dan memberikan lebih percaya diri dalam melaksanakan perhitungan teknik.

Leave a comment